Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Selasa, 11 Juni 2013

Stress Buat Kamu Doyan Makan ??

3 komentar
       Dewasa ini kita sering sekali mendengar kata"Stress". Stress merupakan gangguan atau kekacauan mental akibat tegangan. sedangkan menurut bahasa, stress berasal dari bahasa latin, yakni stingere. ketegangan ini bisa di akibatkan oleh berbagai hal, misalnya masalah di tempat kerja, masalah dengan keluarga, masalah dengan pasangan,masalah dengan sahabat maupun masalah-masalah lainnya.dari masalah-masalah inilah yang menyebabkan adanya gangguan dalam tubuh seseorang.ketika seseorang mengalami tekanan ini, maka emosinya sangat cepat terpancing, ada masalah sedikit yang memicunya saja, emosi yang di keluarkannya akan meledak-ledak. hal ini pun akan merugikan orang di sekitarnya, terutama orang yang di jadikan objek pelampiasan.misalnya teman, pacar, bahkan orang yang tak di kenalnya yang ia anggap telah melakukan kesalahan.

    Pelampiasan stress bukan hanya padaseseorang atau individu, segala sesuatu akan dijadikan objek pelampiasan, misalnya dengan makan, belanja, dll. nah di sini saya akan membahas mengenai kenapa ada orang yang stress nafsu makannya bertambah ?(termasuk saya sendiri juga..he..he..he..)
kalau ada beberapa orang ketika stress jadi malas makan, itu tak semuanya berlaku demikian. karena ada juga orang kalau stress malahan nafsu makannya jadi bertambah.semua ini tergantung dari masing-masing individu seseorang. kenapa demikian ? para peneliti menemukan kemungkinan pelampiasan ke makanan ini karena efek kortisol (hormon pemicu stres) yang membuat sesorang memiliki nafsu besar untuk makan karena tubuh yang mengalami tekanan tinggi akan mencari sumber-sumber energi untuk melawannya.ketika stres manusia membutuhkan energi yang besar karena sejumlah hormon yang mengalami perubahan. Salah satu hormon tersebut adalah kortisol yang mengandung gula sehingga tubuh memiliki bahan bakar yang dibutuhkan untuk bereaksi dengan cepat. sayangnya ketika mengalami keadaan ini tubuh seseorang cenderung lebih memilih makanan yang kurang bergizi tetapi kaya akan kolesterol.akibatnya berat badan pun naik. tentu hal ini sangat tidak disukai oleh para wanita-wanita.
    Ketika stress salah satu pilihan makanan atau cemilan yang paling kita sukai adalah keripik kentang dan coklat.memang sih coklat baik di konsumsi ketika sedang stress karena mempunyai efek menenangkan. namun hal ini tentu berlaku ketika coklat ini dikonsumsi secaratidak berlebihan. ketika dionsumsi secara berlebihan maka masalah baru pun akan timbul, khususnya bagi para perempuan. selain akan menguras isi kantong(apalagi yang masih berstatus pelajar atau belum mempunyai penghasilan sendiri), selain itu pun berat badan kita akan naik yang tentunya akan mengakibatkan masalah baru lagi, dan bisa jadi stress lagi dong,, sama aja seperti pepatah"gali lobang, tutup lobang".

Berikut tips makan yang benar ketika stres menyerang seperti dilansir dari myoptumhealth.com, yaitu:
1. Tetap makan dan mengemil secara teratur.
Melewati jadwal makan akan membuat Anda kelaparan dan gula darah turun yang ketika itu terjadi justru memicu keinginan untuk makan berlebih. Cobalah untuk makan satu jam setelah bangun pagi kemudian diikuti dengan makanan sehat atau makanan ringan setiap 3-4 jam.
2. Batasi makanan yang berlemak seperti coklat, kue, donat, roti putih atau pasta. Makanan ini mengandung gula halus dan tepung yang bisa memacu energi, tetapi sifatnya turun naik. Karena setelah itu Anda akan cepat kehilangan energi sehingga merasa lebih buruk.
3. Kurangi minum soda dan kopi. Kafein dalam jangka pendek memang dapat menyegarkan, namun untuk jangka panjang ini akan menjadi kebiasaan yang membuat Anda merasa lebih lelah setelah mengonsumsinya.
4. Banyaklah makan-makanan segar yang tidak mengandung zat pewarna dan bahan kimia.
5. Konsumsi protein terutama di pagi hari yang akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah keinginan untuk makan berlebih. Daging, ayam, ikan, telur, susu rendah lemak, tahu dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik.


Kita tahu makanan sehat dan membantu mencegah beberapa penyakit kronis dan menjaga berat badan. Biarkan pula makanan-makanan sehat itu membantu mengurangi stres Anda.

3 komentar:

  1. BONUS FREECHIP HARIAN!

    CemePoker yaitu peserta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan beraneka ragam banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg kantor cabang judi poker bersama rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan seputar membernya kembali pemain Poker beta dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai silap nantikan ganjaran merenggut setiap bulannya dan pemberian referal seumur pandangan hidup

    Baca juga :
    artikel poker

    Ayo sekarang di www.cemesamgong.com

    BalasHapus